AMANKAN PILKADES SERENTAK, POLRES JEMBER KERAHKAN 905 PERSONEL GABUNGAN

AMANKAN PILKADES SERENTAK, POLRES JEMBER KERAHKAN 905 PERSONEL GABUNGAN

AMANKAN PILKADES SERENTAK, POLRES JEMBER KERAHKAN 905 PERSONEL GABUNGAN

Polres Jember menerjunkan sebanyak 905 personel gabungan dalam pengamanan Pemilihak Kepala Desa (Pilkades) serentak di Jember. Rencananya, Pilkades serentak itu dilaksanakan pada Kamis (25/11/2021) mendatang. Personel gabungan dari Polres Jember dan Linmas akan dikerahkan di tiap TPS yang ada di 59 desa seluruh wilayah Jember.

Kasi Humas Polres Jember, Iptu Brisan kepada K Radio, Senin (22/11/2021), menjelaskan bahwa setiap TPS nantinya, akan dijaga minimal oleh 1 personel Polri dibantu 2 personel Linmas.

Terkait pemetaan daerah rawan, Brisan menyebut bahwa hingga kini, pihaknya masih melakukan pendalaman wilayah. Ada beberapa kriteria yang ditetapkan pihaknya. Pertama, mengacu pada sejarah konflik di masing-masing desa. Kedua, fanatisme pendukung masing-masing calon. Terakhir, terkait kondisi geografis TPS atau desa yang melaksanakan Pilkades. Seperti jarak dari Polres Jember, akses jalan dan komunikasi, serta potensi bencana.

Brisan melanjutkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Jember. Tujuannya untuk melakukan inventarisir permasalahan atau kendala di masing-masing wilayah yang nantinya akan dievaluasi oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jember. Selain itu, koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember pun dijalankan untuk mempersiapkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

Lebih jauh, Brisan menambahkan, butuh peran dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan Pilkades yang aman, damai, dan sehat. Terlebih, pelaksanaan Pilkades ini diselenggarakan di tengah pandemi. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B