BECAK, BERTAHAN DI TENGAH GEMPURAN TRANSPORTASI MODERN

BECAK,  BERTAHAN DI TENGAH GEMPURAN TRANSPORTASI MODERN

BECAK, BERTAHAN DI TENGAH GEMPURAN TRANSPORTASI MODERN

Becak merupakan moda transportasi tradisional yang masih eksis sampai sekarang. Di Kota Jember sendiri becak masih cukup mudah ditemukan. Namun begitu sudah jarang masyarakat yang mau menggunakan becak sebagai alat transportasi. Ada beberapa faktor yang membuat becak kini sepi peminat. Diantaranya karena masyarakat lebih menyukai transportasi yang cepat.

Kondisi ini disampaikan salah satu penarik becak asal Jelbuk, Fikri. Sudah 27 tahun ia berprofesi sebagai penarik becak di kota Jember. Setiap hari Fikri bekerja mulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore.

Menurutnya, kejayaan becak sudah memudar. Sekarang becak sudah sangat sepi penumpang, bahkan kerap kali tidak mendapatkan penumpang sama sekali. Hal tersebut terjadi karena sekarang banyak pilihan moda transportasi lain yang jauh lebih cepat.

Fikri menerangkan, para penarik becak yang tetap bertahan hingga saat ini, karena mereka tidak memiliki pekerjaan lain. Sehingga mereka tetap menjalani profesi menarik becak meski kondisi semakin sulit. (Raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B