BERHASIL KUMPULKAN DONASI Rp 171 JUTA, KYAI NU AJAK MASYARAKAT TERUS DUKUNG PALESTINA

BERHASIL KUMPULKAN DONASI Rp 171 JUTA, KYAI NU AJAK MASYARAKAT TERUS DUKUNG PALESTINA

BERHASIL KUMPULKAN DONASI Rp 171 JUTA, KYAI NU AJAK MASYARAKAT TERUS DUKUNG PALESTINA

Agresi Israel ke Gaza Palestina yang makin parah, terus mengundang keprihatinan dan simpati dari berbagai elemen di tanah air. Salah satunya dari Pengurus Besar Nahdlotul Ulama (PB NU) yang menginstruksikan kaum muslimin untuk mengirim doa serta menggalang donasi untuk warga sipil di Gaza, Palestina.

Hingga Senin (20/11/2023) ini, donasi yang dikumpulkan melalui Lembaga Amil Zakat NU (Lazisnu) PC NU Jember telah mencapai lebih dari Rp 171 juta. Penggalangan ini belum termasuk yang dilakukan PC NU Kencong yang terdiri dari 5 kecamatan di Jember selatan.

Menurut Ketua LAZINU PC NU Jember, Achmad Fathor Rosyid, bantuan itu akan dikumpulkan pada Selasa (21/11/2023) di PW NU Jember. Donasi selanjutnya akan disalurkan melalui jaringan PB NU yang ada di Palestina atau melalui pemerintah Indonesia.

Hasil penggalangan yang dilakukan PC NU Jember termasuk yang terbesar diantara pengurus cabang NU kabupaten/kota di Jawa Timur lainnya. Hal ini menunjukkan tingginya solidaritas warga Jember terhadap penderitaan bangsa Palestina termasuk yang ada di Gaza.Dari Rp 171 juta yang berhasil digalang PC NU Jember, salah satu pengumpulan terbesar berasal dari kegiatan khataman, istighotsah dan doa bersama untuk Palestina yang digelar PC NU Jember pada Sabtu malam Minggu (18/11/23) lalu di Masjid Roudhotul Muchlisin.

Dalam doa bersama tersebut, terkumpul dana lebih dari Rp 27 juta, dari para jamaah hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Dalam kegiatan tersebut, para kiai yang memimpin doa mengajak masyarakat untuk terus menunjukkan dukungan kepada bangsa Palestina.

Menurut KH Hamid Hasbullah, pengasuh Pondok Pesantren Al-Azhar, dukungan terhadap perjuangan bangsa Palestina bisa dilakukan dengan tiga D. Yakni Doa, Donasi dan Dakwah.

Dakwah bisa dilakukan dengan menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat terkait isu Palestina. Salah satunya konspirasi Barat yang menyebut Hamas sebagai organisasi teroris. Tuduhan itu, menurut Kyai Hamid, sengaja di buat oleh sekutu Israel untuk menghancurkan Palestina. Sebab, sejatinya, HAMAS membela diri dan tanah air Palestina dari penjajahan Israel.(adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B