BERHENTI BEROPERASI DI BANDARA NOTOHADINEGORO JEMBER, PT ASS SIAP MEMBAYAR PENGEMBALIAN TIKET PENUMPANG

BERHENTI BEROPERASI DI BANDARA NOTOHADINEGORO JEMBER, PT ASS SIAP MEMBAYAR PENGEMBALIAN TIKET PENUMPANG

BERHENTI BEROPERASI DI BANDARA NOTOHADINEGORO JEMBER, PT ASS SIAP MEMBAYAR PENGEMBALIAN TIKET PENUMPANG

Dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT Amaya Alam Semesta (ASS) dengan Pemkab Jember dan Bank Jatim, awalnya disepakati untuk melakukan penerbangan selama tiga bulan. Namun pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang yang melayani rute Jember-Surabaya PP tersebut, hanya beroperasi 1 bulan 10 hari.

Perwakilan PT ASS Eko Rohmat, Senin (13/3/23) menyatakan bersedia mengembalikan uang pembelian tiket penerbangan yang belum sempat digunakan. Pihaknya meminta waktu sekitar satu bulan untuk mengembalikan uang calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket tersebut.

Hal itu disampaikan Eko saat audiensi dengan DPRD kabupaten Jember. Pihaknya juga mengakui bahwa tidak mungkin melanjutkan penerbangan selama tiga bulan sesuai PKS awal. Ia juga siap bertanggung jawab kepada Bank Jatim yang telah menyertakan dana sebesar Rp.1 miliar.

Ia menjelaskan, dengan terpaksa tidak dapat melanjutkan penerbangan karena sepi penumpang. Eko mengungkapkan, pihaknya menyewa pesawat dari pihak ketiga dengan garansi 60 jam per bulan. Deposit waktu yang telah dibayar harus habis. Artinya dengan penggunaan deposit waktu 2 jam perhari, dua penerbangan harus dilakukan. Akibatnya penerbangan harus tetap berjalan meski tanpa penumpang.

Eko juga sempat mengeluhkan kendala cuaca buruk yang mengharuskan pesawat tidak terbang dan terpaksa diparkir di bandara Juanda. Sehingga pihaknya harus mengeluarkan biaya lebih untuk sewa parkir pesawat dan operasional kru.

Tiket rute penerbangan Jember-Surabaya dijual dengan harga Rp.1.250.000 sekali jalan untuk tiket reguler. Pemkab Jember menyediakan promo subsidi mulai 02 Januari 2023 sampai dengan 31 Maret 2023, dengan harga Rp.1.300.000 untuk dua orang penumpang.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B