BERKAH PETANI TEMBAKAU JEMBER, HARGA NAIK SAAT MUSIM KEMARAU

BERKAH PETANI TEMBAKAU JEMBER, HARGA NAIK SAAT MUSIM KEMARAU

BERKAH PETANI TEMBAKAU JEMBER, HARGA NAIK SAAT MUSIM KEMARAU

Sepanjang musim kemarau petani tembakau di Jember mendapatkan berkah. Selain tanamannya tumbuh dengan baik, harga tembakau jenis Kasturi tahun ini mengalami kenaikan hingga 60 persen.

Petani tembakau Kasturi asal Pakusari, Jember, Abdurrahman, Kamis (9/11/23) menuturkan, bila tahun lalu tembakaunya hanya dihargai Rp 50.000 per kilogram, kini mengalami kenaikan menjadi Rp 80.000 per kilogramnya.

Abdurrahman mengaku bersyukur tanamannya dapat tumbuh subur dengan daun nampak hijau dan lebat. Terlebih, cuaca panas memungkinkan daun tembakau mengering dengan alami sehingga menghasilkan daun dengan kualitas tinggi.

Selain itu, proses pengeringan selama musim panas menjadi lebih cepat dan efisien. Sehingga menghemat waktu dan tembakau dapat dijual lebih cepat.

Namun, ia menyayangkan kebijakan pemerintah yang selama ini masih mengimpor tembakau. Menurut Abdurrahman, Indonesia memiliki potensi yang besar, baik lahan, SDM, maupun teknologi yang dapat dikembangkan.

Data BPS menunjukkan Impor tembakau yang dilakukan pemerintah selama tiga tahun terakhir cenderung mengalami peningkatan.

Pada tahun 2020 Indonesia mengimpor tembakau sebanyak lebih dari 110 ribu ton, tahun 2021 bertambah menjadi 135 ribu ton, dan tahun 2022 meningkatkan hingga 164 ribu ton.

Tembakau tersebut sebagian besar didatangkan dari negara Tiongkok, Brazil, dan Zimbabwe.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B