BPS JEMBER AKAN UJI COBA SAJIKAN DATA PDRB TRIWULAN PADA 2021

BPS JEMBER AKAN UJI COBA SAJIKAN DATA PDRB TRIWULAN PADA 2021

BPS JEMBER AKAN UJI COBA SAJIKAN DATA PDRB TRIWULAN PADA 2021

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jember akan menyajikan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) triwulan yang di uji coba pada 2021. Ini disampaikan Kepala BPS Kabupate Jember, Arif Joko Suteja, Rabu (16/12/2020) siang.
 
Meski demikian, Arif mengatakan, pihaknya tidak meninggalkan penyajian data tahunan. Selain itu menurutnya, penyajian data statistik sektoral, diantaranya PDRB, bukan merupakan kewenangan BPS, melainkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten.
 
Namun berdasarkan Kepres nomor 39 tahun 2019 dan Peraturan BPS RI nomor 4 tahun 2019, Arif melanjutkan, penyajian data sektoral harus memenuhi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK). Sehingga diharapkan data yang disajikan bersifat valid dan dapat diakses siapa saja secara cepat. Jika nantinya ada penyajian PDRB triwulan, maka Pemerintah Daerah dapat menghitung pertumbuhan ekonomi, inflasi, data kemiskinan, dan lainnya lebih cepat.
 
Arif menambahkan, pihaknya menemui beberapa kendala dalam mengolah data statistik sektoral tersebut. Yakni kesulitan dalam mendapatkan penyediaan data dari para OPD terkait. Hal itu dikarenakan belum terbentuknya forum data di daerah. Selain itu, juga dipengaruhi faktor kesibukan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga di tahun 2021 nanti, eksekusi penyajian statistik sektoral selain memberikan data PDRB triwulan, juga akan menguji efektivitas forum data di Jember.
 
Senada dengan Arif, Kasi Neraca Produksi BPS Provinsi Jawa Timur, Prayudho Bagus Jatmiko mengatakan, kendala PDRB triwulan adalah penyediaan data sektoral dari Dinas/OPD. Terkadang data yang diminta tidak semuanya tersedia. Kendala lain ialah data yang diberikan tidak tepat waktu.
 
Sehingga menurut Prayudho, perlu adanya koordinasi dengan OPD terkait. Agar nantinya dengan penyajian PDRB per 3 bulan ini, Pemerintah Daerah bisa merespon lebih cepat terhadap ekonomi masyarakat.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B