BUMDESMA DIHARAPKAN MEMBANTU PENGUSAHA KECIL DI DESA

BUMDESMA DIHARAPKAN MEMBANTU PENGUSAHA KECIL DI DESA

BUMDESMA DIHARAPKAN MEMBANTU PENGUSAHA KECIL DI DESA

Bupati Jember Hendy Siswanto, Senin (30/1/2023) melaunching 26 Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma). Pada kesempatan ini, Bupati meminta Bumdesma membantu usaha di tinggkat akar rumput.

Bupati mengatakan, di tahun 2023 perekonomian berjalan melambat. Sehingga tidak ada investor yang berani menanamkan modal dalam jumlah besar. Pelambatan ekonomi ini tidak terlepas dari pengaruh perekonomian global.

Bupati menyampaikan, ditengah kondisi ini perekonomian yang mampu bertahan adalah perekonomian ditingkat bawah sehingga harus diberi dorongan. Oleh karena itu Bupati meminta Bumdesma memiliki usaha-usaha kecil yang secara langsung bisa membantu masyarakat, karena Bumdesma berada di desa-desa.

Menurut Bupati, Bumdesma adalah transformasi dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang kegiatannya terbatas pada simpan pinjam. Baru sejak tahun 2014 ditranformasikan menjadi Bumdesma. Dengan syarat Bumdesma harus memiliki usaha sesuai kearifan lokal di masing-masing wilayah. Sejak tahun 2014 hingga akhir tahun 2022 jumlah perputaran uang Bumdesma terus mengalami kenaikan. Dari Rp.39 milyar menjadi lebih dari Rp.112 milyar. (thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B