CAMAT GALANG DANA UNTUK BIAYAI TURNAMEN SEPAK BOLA ASKAB PSSI JEMBER

CAMAT GALANG DANA UNTUK BIAYAI TURNAMEN SEPAK BOLA  ASKAB PSSI JEMBER

CAMAT GALANG DANA UNTUK BIAYAI TURNAMEN SEPAK BOLA ASKAB PSSI JEMBER

Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jember dikabarkan menghimpun donasi dari seluruh Camat. Donasi didapat dari uang pribadi Camat di Jember yang berjumlah 31 orang, masing-masing Rp 1 juta untuk membiayai kompetisi sepak bola.

Pengumpulan donasi dilakukan setelah para Camat tersebut dikumpulkan di Rien Collection. Transfer dana yang dikoordinasi oleh Camat Jenggawah, Roni Herman Baza. Saat dikonfirmasi, Roni membenarkan kabar tersebut. Namun ia menegaskan, donasi itu bersifat sukarela dan tidak ada paksaan. Beberapa Camat juga ada yang tidak menyumbang.

Pengumpulan dana dari kantong pribadi Camat itu menurut Roni, didasari oleh kepedulian akan kemajuan sepak bola di Jember. Sebab, kompetisi sepak bola yang digelar Askab PSSI Jember pada dasarnya untuk menghibur rakyatnya sendiri. Selama ini, ia mengaku bahwa para Camat memang biasa menyumbang untuk keperluan sosial di wilayah kerjanya.

Bahkan, selain para Camat, Roni berencana akan meminta sumbangan seikhlasnya kepada para Kepala Desa untuk keperluan yang sama. Namun ia membantah jika para Camat menyumbang karena Askab PSSI Jember saat ini dipimpin oleh Try Sandi Apriana yang merupakan anggota Komisi A DPRD Jember sekaligus menantu Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Askab PSSI Jember, Try Sandi Apriana juga membenarkan adanya pengumpulan dana tersebut. Sumbangan itu didasari atas keikhlasan untuk memajukan sepak bola Jember. Ia menegaskan, donasi itu memiliki dasar hukum, yakni Instruksi Presiden dan Menpora yang dikeluarkan pada Februari 2021 lalu. Yakni imbauan agar masing-masing Kepala Daerah turut berperan memajukan sepak bola di wilayahnya melalui sumbangan.

Sandi pun membantah jika para Camat mau menyumbang karena dirinya menantu Bupati. Selain para Camat, pihaknya juga akan menggalang donasi dari para Kades dan kalangan swasta. Donasi itu diberlakukan, karena sampai saat ini Askab belum mendapatkan bantuan keuangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember. Ia menegaskan, pengelolaan anggaran untuk kegiatan sepak bola di bawah Askab akan dilakukan secara transparan dan profesional.(adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B