DAMPAK PANDEMI, MAHASISWA PG PAUD LULUS TIDAK TEPAT WAKTU

DAMPAK PANDEMI, MAHASISWA PG PAUD LULUS TIDAK TEPAT WAKTU

DAMPAK PANDEMI, MAHASISWA PG PAUD LULUS TIDAK TEPAT WAKTU

Dampak psikologi akibat pandemi covid-19 yang terjadi sejak tahun 2019 lalu menjadi salah satu alasan mahasiswa PG PAUD UNEJ tidak bisa lulus tepat waktu. Hal ini disampaikan Kepala Program Studi PG PAUD UNEJ, Senny Weyara Dienda Saputri, Jumat (6/1/2023).

Menurutnya, ada banyak alasan disampaikan mahasiswa yang tidak menyelesaikan kuliahnya tepat waktu, antara lain karena menikah, pekerjaan, finansial, pindah program studi, hingga masalah psikologis.

Senny mengatakan, penyebab lain mahasiswa PG PAUD UNEJ tidak lulus tepat waktu adalah pandemi covid-19. Saat sebelum pandemi, mahasiswa mengajak teman-teman mereka mengerjakan tugas akhir dan mengikuti bimbingan secara bersama-sama. Tetapi saat pandemi, mahasiswa secara tidak langsung menjadi individual dan melakukan bimbingan secara daring. Ini yang menyebabkan berkurangnya semangat mengerjakan tugas akhir. Hal ini berdampak pada tingginya jumlah mahasiswa tingkat akhir yang belum lulus, yakni sebanyak 60%.

Senny berharap, mahasiswa bisa mengatur waktu mereka dengan baik agar bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu. Jika ada kesulitan mahasiswa bisa konsultasi kepada dosen dan fakultas agar solusi terbaik bisa diberikan. (put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B