DINKES JEMBER TARGETKAN MINIMAL ADA 4 VAKSINATOR COVID-19 DI TIAP FASKES

DINKES JEMBER TARGETKAN MINIMAL ADA 4 VAKSINATOR COVID-19 DI TIAP FASKES

DINKES JEMBER TARGETKAN MINIMAL ADA 4 VAKSINATOR COVID-19 DI TIAP FASKES

Kabupaten Jember segera memulai vaksinasi Covid-19 tahap pertama dengan total 6.800 botol vaksin. Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Jember tengah mempersiapkan pelatihan vaksinator yang akan melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap tenaga kesehatan (nakes) di tahap pertama.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Dyah Kusworini menjelaskan, pihaknya sudah menjadwalkan pelatihan untuk fasilitas kesehatan (faskes) yang akan menangani vaksinasi. Terdapat 50 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Jember, ditambah beberapa rumah sakit. Targetnya, tiap faskes tersedia minimal 4 vaksinator.

Dyah mengatakan, sejauh ini, rumah sakit yang sudah mendapatkan pelatihan adalah RSD dr. Soebandi dengan 10 vaksinator. Pelatihan ini akan dipercepat pada Februari, untuk menambah vaksinator di Kabupaten Jember.

Sementara itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jember turut mengawal pencatatan vaksinasi Covid-19 menggunakan aplikasi Primary Care Vaksinasi (P-Care Vaksinasi). Ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Antokalina Sari Verdiana.

Menurut Antokalina, sesuai dengan arahan BPJS Nasional, Aplikasi P-Care akan mendukung proses calon penerima vaksin, mulai dari registrasi, screening, penyuntikan, observasi hingga pencetakan sertifikat. Data di aplikasi P-Care Vaksinasi terintegrasi pada database Komite Penanangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Sehingga fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam penggunaan P-Care Vaksinasi diharapkan akan memperlancar proses vaksinasi dan memastikan data valid karena bisa dipantau secara real-time.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B