DORONG PEREKONOMIAN JEMBER, BI GELAR GEBER UMKM DAN LAUNCHING KAWASAN WISATA MERU BETIRI

DORONG PEREKONOMIAN JEMBER, BI GELAR GEBER UMKM DAN LAUNCHING KAWASAN WISATA MERU BETIRI

DORONG PEREKONOMIAN JEMBER, BI GELAR GEBER UMKM DAN LAUNCHING KAWASAN WISATA MERU BETIRI

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jember menggelar kick off geber UMKM 2023 dan launching kawasan wisata Meru Betiri. Acara tersebut digelar di Gedung Serba Guna Kantor Perwakilan BI Jember, Rabu (10/5/23) pagi.

Kepala Kepala Perwakilan (KPw) BI Jember, Yukon Afrinaldo menjelaskan, pertumbuhan ekonomi yang baik akan menaikkan kesejahteraan msyarakat. Salah satu caranya dengan terus mendukung pertumbuhan ekonomi dari sisi UMKM, mulai dari pelatihan hingga pembentukan kelompok.

Di era digitalisasi, BI juga terus mendorong UMKM mengikuti perkembangan teknologi, lewat program UMKM Go Digital. Harapannya, para pelaku UMKM mampu mengembangkan usahanya dan menembus pasar global. Yukon menilai, banyak UMKM Jember yang memenuhi kriteria untuk bersaing di tataran ekspor. Sehingga, pihaknya menginginkan kegiatan itu dapat berkelanjutan dengan terus memberikan pelatihan dan pendampingan.

Yukon melanjutkan, pasca pandemi Covid-19 tahun ini, perekonomian mulai bangkit dan diharapkan masyarakat lebih bebas bergerak serta berinovasi. Termasuk menggabungkan bisnis dengan pariwisata. Lewat launching wisata Meru Betiri, pihaknya menginginkan Pokdarwis dapat berkolaborasi dengan UMKM untuk saling mendukung, misalnya lewat paket wisata yang melibatkan pembuatan kriya dan kerajinan tangan lain sebagai suvenir.

Menurut Yukon, banyak negara maju yang mampu memanfaatkan pariwisata untuk mendongkrak pendapatan negara. Sehingga, ia mengungkapkan potensi wisata yang ada di Indonesia, khususnya Jember mampu dikembangkan dan ikut mengangkat kesejahteraan masyarakat. Namun ia menegaskan, upaya itu harus tetap memperhatikan dan menjaga kelangsungan habitat alami, salah satunya di taman Meru Betiri.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B