ECOBRICK BERBAHAN KRESEK SOLUSI PENGELOLAAN SAMPAH

ECOBRICK BERBAHAN KRESEK SOLUSI PENGELOLAAN SAMPAH

ECOBRICK BERBAHAN KRESEK SOLUSI PENGELOLAAN SAMPAH

Melihat banyaknya sampah kresek yang tidak tertangani bahkan berpotensi mencemari lingkungan,  menggerakkan  hati seorang Guru Seni Budaya di Jember, bernama Daru Endah untuk membuat ecobrick dari bahan kresek dan botol plastik bekas.

Kepada K Radio, Senin (23/1/2023) Endah menjelaskan, awalnya ia kerap mengumpulkan tas-tas kresek di dalam botol plastik bekas minuman. Ia menggunakan tas-tas kresek tersebut untuk membungkus sampah, dll. Lantas muncul ide membuat ecobrick dengan memasukkan kresek-kresek kedalam botol plastik bekas minuman.

Endah bilang, ia membuat ecobrick  dari botol kecil sampai botol ukuran 1,5 Liter. Hasilnya bisa dibuat bermacam barang kerajinan seperti kursi. Walaupun hanya terbuat dari botol dan kresek bekas ia memastikan jika barang tersebut cukup estetik dan kuat. 

Menurutnya, saat membuat ecobrick harus tetap hati-hati, khususnya saat menekan kresek ke dalam botol. Ia menyarankan agar tidak menggunakan benda tajam agar botolnya tidak sobek.  Sebaiknya bisa menggunakan kayu yang berujung tumpul.

Ia berharap, ecobrick berbahan kresek dan botol plastik bekas ini dapat mengurangi sampah plastik yang saat ini masih menjadi masalah serius di dunia. (put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B