FAHAMI RISIKO TERLALU BANYAK KONSUMSI ES KRIM

FAHAMI RISIKO TERLALU BANYAK KONSUMSI ES KRIM

FAHAMI RISIKO TERLALU BANYAK KONSUMSI ES KRIM

Es krim menjadi salah satu kudapan yang sangat digemari masyarakat. Bahkan, ada salah satu produk es krim asal luar negeri yang saat ini cukup viral karena cabangnya tersebar rata hampir diseluruh penjuru kota di Indonesia. Pembeli yang datangpun hanpir tidak pernah putus. Namun, yang perlu diingat, jika dikonsumsi setiap hari dengan jumlah berlebih makanan manis seperti es krim menimbulkan risiko buruk bagi kesehatan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospital Jember, Agus Yudho Santosa, Selasa (3/1/2023) menjelaskan, kebutuhan kalori untuk tubuh manusia sebesar 25-30 kilo kalori per hari menyesuaikan berat badan. Kalori sendiri digunakan tubuh sebagai energi untuk beraktivitas sehari-hari. Kebutuhan kalori tersebut bisa diperoleh dengan 3 kali makan dalam sehari dengan porsi terukur.

Dengan menkonsumsi makanan dan minuman manis, menurut dokter yang akrab disapa Yudho itu, akan menambah jumlah kalori di dalam tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan setiap hari, kalori itu akan tertimbun di dalam tubuh dan menjadi lemak.

Yudho menyampaikan, lemak yang tertimbun berisiko membuat seseorang mengalami overweight hingga obesitas. Tak hanya itu, lebih lanjut juga bisa berdampak pada penyakit metabolic syndrome, antara lain hipertensi, diabetes, kolesterol, asam urat dan lain sebagainya. Mengkonsumsi makanan dan minuman manis seperti es krim, menurutnya boleh dilakukan sesekali.

Ia menganjurkan agar kebutuhan kalori sehari terpenuhi, seseorang perlu mengkonsumsi makanan dengan gizi lengkap diiringi dengan aktivitas sehari-hari dan olahraga.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B