GAGAL SNMPTN, PEMUDA DI JEMBER JUSTRU BERHASIL WAKILI JATIM DALAM AJANG PUTERA PENDIDIKAN REMAJA INDONESIA 2021

GAGAL SNMPTN, PEMUDA DI JEMBER JUSTRU BERHASIL WAKILI JATIM DALAM AJANG PUTERA PENDIDIKAN REMAJA INDONESIA 2021

GAGAL SNMPTN, PEMUDA DI JEMBER JUSTRU BERHASIL WAKILI JATIM DALAM AJANG PUTERA PENDIDIKAN REMAJA INDONESIA 2021

Prestasi membanggakan ditorehkan oleh Rifki Pratama Putra, pemuda asal Jember yang berhasil menyabet predikat Putera Pendidikan Remaja Jawa Timur 2021. Ia menyisihkan ratusan peserta lain untuk bisa mewakili Jawa Timur di Ajang Putera Pendidikan Remaja Indonesia 2021.

Saat ditemui di kediaman neneknya di sebuah gang kecil di Jalan Samanhudi, Kecamatan Kaliwates, lelaki yang akrab disapa Tama ini menceritakan pengalamannya mengikuti ajang tersebut. Sebelum mengikuti ajang itu, ia harus merasakan kegagalan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Namun kekecewaan itu justru membuatnya terpacu lebih semangat mengaktualisasi diri.

Awalnya, remaja berusia 18 tahun ini mengetahui seleksi pemilihan Putera Puteri Pendidikan Remaja Jawa Timur 2021 melalui media sosial Instagram. Meskipun belum pernah mengikuti ajang semacam itu, namun sejak tahun 2019, ia sudah memiliki perhatian dalam bidang pendidikan. Bahkan ia sempat ditunjuk untuk mendampingi Bupati Jember dalam acara bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

Menurut Tama, pendidikan adalah tonggak utama untuk kemajuan bangsa. Ia ingin mewujudkan pendidikan yang layak bagi siapapun, tanpa memandang ras, suku, dan latar belakang ekonomi. Dalam proses pemilihan Putera Puteri Pendidikan Jawa Timur 2021 yang telah digelar sejak Maret, Tama harus bolak-balik Jember – Surabaya untuk mengikuti seleksi. Bahkan ia harus membagi waktu dengan persiapannya menghadapi SBMPTN.

Usaha yang dilakukan oleh Tama tidak sia-sia. Dalam grand final yang mempertemukan 12 putera pendidikan terbaik, ia berhasil memenangkan predikat Putera Pendidikan Remaja Jawa Timur 2021. Ia pun mewakili Jatim di ajang nasional pada 11 Agustus mendatang di Bandung. Ia tidak menyangka akan melangkah sejauh ini. Dengan waktu yang cukup mepet, ia optimis dan berharap bisa memberikan yang terbaik.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B