GUNUNG RAUNG ERUPSI, POLSEK LEDOKOMBO BERIKAN IMBAUAN DAN LANGKAH ANTISIPASI

GUNUNG RAUNG ERUPSI, POLSEK LEDOKOMBO BERIKAN IMBAUAN DAN LANGKAH ANTISIPASI

GUNUNG RAUNG ERUPSI, POLSEK LEDOKOMBO BERIKAN IMBAUAN DAN LANGKAH ANTISIPASI

Sebagian warga Jember pada Rabu (27/7/2022) malam merasakan adanya hujan abu. Ternyata, itu merupakan dampak erupsi letusan kecil Gunung Raung yang terjadi sekitar pukul 17.20 WIB. Diketahui, Gunung Raung masuk dalam 3 wilayah Kabupaten di pulau Jawa ujung timur, yakni Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Kecamatan Sumberjambe dan Ledokombo yang berada di lereng Raung menjadi wilayah yang terdampak di Jember. Kapolsek Ledokombo, AKP Setyono Budi, saat dikonfirmasi K Radio pada Kamis (28/7/2022), membenarkan hal tersebut. Gemuruh dari puncak setidaknya terdengar sekitar 4 kali.

Menurut Setyono, hujan abu vulkanik beterbangan di wilayah Kecamatan Ledokombo bagian timur yaitu Desa Slateng, Sumber bulus dan Sumber salak. Para pengendaran mengeluhkan matanya terasa perih. Selain itu, para petani tembakau merasa khawatir dengan tanamannya yang rusak akibat terkena hujan abu vulkanik.

Setyono mengimbau masyarakat yang berada di dekat lereng gunung, tidak perlu panik tetapi tetap waspada. Selain itu, juga perlu berkoordinasi dengan BMKG dan Tim Tagana Desa yang sudah terbentuk. Relawan BPBD di 3 desa itu juga diminta siap siaga serta melakukan mitigasi terhadap rute atau jalur evakuasi, apabila sewaktu-waktu aktivitas Gunung Raung meningkat.

Setyono menambahkan, tidak ada korban jiwa maupun kerugian material yang disebabkan erupsi letusan kecil Gunung Raung pada Rabu kemarin. Sampai saat ini pun belum nampak tanda-tanda getaran dari puncak Raung.(ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B