Habis Lebaran Harga Daging Ayam di Jember Merangkak Naik, ini Penyebabnya

Habis Lebaran Harga Daging Ayam di Jember Merangkak Naik, ini Penyebabnya

Habis Lebaran Harga Daging Ayam di Jember Merangkak Naik, ini Penyebabnya

Harga daging ayam broiler di Jember terus mengalami kenaikan meskipun setelah lebaran. Harga saat ini mencapai Rp 36 ribu/kg. Hal tersebut disampaikan Kepala Disperindag Jember, Bambang Saputro, pada Rabu (26/4/23).

Ia mengatakan, bahwa harga daging ayam broiler normalnya hanya Rp 28 ribu/kg. Menurutnya, harga mulai naik sekitar satu minggu sebelum lebaran yaitu Rp 30 ribu/kg. Dan kenaikan harga ini terus terjadi selama minggu terakhir Ramadan hingga setelah lebaran idul fitri secara bertahap hingga menyentuh angka Rp 36 ribu/kg.

Kenaikan harga daging ayam sebelum dan setelah lebaran ini terjadi karena peningkatan pembelian masyarakat. Bahkan memasuki hari ke-5 setelah lebaran permintaan masih stabil tinggi dan cenderung meningkat.

Akan tetapi, menurut Bambang harga tersebut masih wajar, mengingat saat ini masih dalam momentum lebaran Idul Fitri. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan daging ayam, khususnya untuk membuat opor ayam.

Disamping adanya kenaikan harga daging ayam, Bambang menjelaskan, harga cabai rawit justru terpantau mengalami penurunan. Saat ini harga cabai rawit hanya dikisaran Rp 26 ribu/kg, padahal harga sebelumnya mencapai Rp 75 ribu/kg. Hal ini disebabkan karena petani cabai memasuki masa panen raya. selain itu saat ini suplai yang masuk kepasar juga semakin banyak.

Ditambah, pada Bulan Desember 2022 lalu Pemkab Jember telah memberikan bantuan berupa bibit cabai merah dan cabai rawit kepada masyarakat Jember masing - masing sebanyak 150 ribu bibit. Dan pada Bulan ini bibit cabai tersebut sudah bisa dipanen.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B