HARI JANTUNG SEDUNIA, KOORDINATOR WILAYAH JATIM LHC TERUS BAGI SEMANGAT PADA SURVIVOR

HARI JANTUNG SEDUNIA, KOORDINATOR WILAYAH JATIM LHC TERUS BAGI SEMANGAT PADA SURVIVOR

HARI JANTUNG SEDUNIA, KOORDINATOR WILAYAH JATIM LHC TERUS BAGI SEMANGAT PADA SURVIVOR

Penyakit jantung tidak hanya dialami oleh orang tua saja. Dalam beberapa kondisi penyakit jantung, juga bisa terjadi sejak lahir atau sering disebut Penyakit Jantung Bawaan (PJB). Yakni kondisi tidak normal pada jantung dan/atau pembuluh darah besar di dalam dada yang didapat sejak lahir. Orang tua perlu waspada dengan kemungkinan PJB pada anak.

Hal itu disampaikan Koordinator Wilayah Jawa Timur Little Heart Community (LHC), Meidy Marini Susilo, kepada K Radio, Kamis (29/9/2022), menyebut bahwa penyebab pasti PJB hingga saat ini masih belum diketahui. Namun terdapat berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko bayi menderita penyakit bawaan lahir ini, salah satunya faktor genetik. Meski begitu, ia mengatakan penderita penyakit jantung memiliki kemungkinan untuk sembuh.

Perempuan yang juga merupakan ibu dari anak penderita PJB itu menyampaikan, ia dan teman-teman survivor lain berbagi pengalaman dalam menghadapi penyakit jantung lewat LHC. Mereka bergerak memberikan pemahaman mengenai penyakit jantung kepada masyarakat. Selain itu, ia juga menjadi pengurus Little Heart Foundation Indonesia (LHFI). Yayasan ini telah membantu 44 pasien penyakit jantung. Mereka diberikan pendampingan hingga mendapatkan penanganan medis, bahkan hingga ke luar negeri. Ia juga bersyukur, lewat ulur tangan para donatur, mereka mampu memberikan bantuan kepada para penderita PJB.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B