HARI PERTAMA PTM 100 PERSEN DI JEMBER, WALI MURID: ANTARA SENANG DAN WAS-WAS

HARI PERTAMA PTM 100 PERSEN DI JEMBER, WALI MURID: ANTARA SENANG DAN WAS-WAS

HARI PERTAMA PTM 100 PERSEN DI JEMBER, WALI MURID: ANTARA SENANG DAN WAS-WAS

Para siswa Jember di berbagai jenjang akhirnya kembali menjalani sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru 2022/2023. Hari pertama Pertemuan Tatap Muka (PTM) 100 persen pada Senin (18/7/2022) ini menjadi pertama kalinya selama pandemi Covid-19. Yang mana, para siswa selama 2 tahun terakhir, harus mematuhi aturan untuk sekolah online atau dalam jaringan (daring). PTM 100 persen itu mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terbaru tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 ini.

PTM pada tahun ajaran baru ini merupakan transisi peserta didik dari jenjang PAUD ke SD dan seterusnya. Sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi PTM 100 persen, seperti kesiapan orang tua maupun sekolah dalam pengenalan lingkungan. Seperti pada Senin ini, sejumlah orang tua siswa di salah satu SD di Jember menemani anaknya hingga jam pelajaran usai.

Salah satu wali murid, Kirana, mengatakan bahwa PTM 100 persen membuat dirinya was-was. Ia punya banyak kehawatiran, terutama soal kemandirian anaknya. Mengingat, selama 2 tahun ini, anaknya hanya sekolah di rumah dan kini harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, kembali meningkatnya kasus Covid-19, membuatnya sangat khawatir.

Meski penuh kekhawatiran, di satu sisi Kirana mengaku tetap merasa senang dengan kembali digelarnya PTM. Banyak pembelajaran non akademik yang didapat melalui sekolah tatap muka, seperti pendidikan moral, sosial dan kemandirian siswa. Terlebih selama pandemi, anaknya sangat ketergantungan pada gadget dengan alasan untuk kepentingan sekolah daring. Maka dari itu, ia berharap PTM 100 persen bisa berlanjut dengan mengutamakan protokol kesehatan.(ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B