HOBI JADI BISNIS, PEMUDA ASAL JELBUK BANTING SETIR JUALAN HAMSTER HASIL BUDIDAYA SENDIRI

HOBI JADI BISNIS, PEMUDA ASAL JELBUK BANTING SETIR JUALAN HAMSTER HASIL BUDIDAYA SENDIRI

HOBI JADI BISNIS, PEMUDA ASAL JELBUK BANTING SETIR JUALAN HAMSTER HASIL BUDIDAYA SENDIRI

Menjalankan bisnis sesuai hobi terasa menyenangkan, asalkan dijalani dengan serius dan berbekal strategi yang matang. Terlebih, saat ini semakin marak anak muda yang berani memulai bisnis sendiri. Hal ini yang juga dijalani oleh warga Desa Jelbuk, Kecamatan Jelbuk, Adi Pratama.

Bermula dari hobi memelihara hamster, Adi kemudian memberanikan diri untuk memulai bisnis budidaya hewan imut ini. Dari rumahnya yang ada di seberang jalan penghubung Jember – Bondowoso, ia menjual hamster serta perlengkapan lainnya. Untuk aksesori seperti serbuk kayu, pakan serta mainan dan kandang hamster, ia mendatangkan dari Surabaya dan Bandung.

Adi mantap fokus berbisnis hamster sejak 2018 dan meninggalkan profesi sebelumnya sebagai sopir alat berat yang telah dijalani selama hampir setahun. Pemuda 23 tahun ini memulai usahanya dengan modal sekitar Rp 200 ribu dengan menjual hamster kelas murah serta serbuk kayu. Tapi kini, ia mampu menjual sekitar 200 – 300 ekor hamster dengan omset kisaran Rp 3 juta – 4 juta per bulan.

Berbisnis hewan hobi di lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, tidak membuat Adi berkecil hati. Ia mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial, yakni Instagram @hamsterque.id . Ada strategi khusus, seperti posting mulai sore hingga malam hari, ketika banyak orang pulang bekerja. Selain itu, ia juga sering menggelar kuis berhadiah untuk menjaga pelanggannya tetap membeli kebutuhan pokok di toko miliknya.

Adi mengaku, dirinya juga bersedia membeli anakan hamster hasil ternak para pelanggannya. Upaya yang dilakukannya pun cukup efektif, karena sebagian besar pelanggan membeli hamster dan kebutuhannya melalui instagram. Barang bisa dikirim untuk area Jember, Bondowoso dan Banyuwangi memakai jasa kurir dengan waktu tempuh pengiriman sekitar 1 jam. Hal itu untuk mencegah hewan asli gurun tersebut stres, jika terlalu lama dalam waktu pengiriman.

Kisaran harga hamster yang dijual Adi bervariasi, mulai dari Rp 10 ribu – 70 ribu. Hamster Roborovski yang dikenal jinak namun gesit dan susah diternakkan, menjadi jenis yang paling mahal. Sementara, varian terpopuler adalah hamster Winter White. Hampir semua sub varian hamster dijual di tokonya.(adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B