IDI JEMBER: PENERAPAN BUDAYA MEROKOK BERETIKA DI MASYARAKAT MULAI MENINGKAT

IDI JEMBER: PENERAPAN BUDAYA MEROKOK BERETIKA DI MASYARAKAT MULAI MENINGKAT

IDI JEMBER: PENERAPAN BUDAYA MEROKOK BERETIKA DI MASYARAKAT MULAI MENINGKAT

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati pada 31 Mei setiap tahunnya. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak buruk dari kebiasaan merokok. Dilansir dari data World Health Organization (WHO), angka kematian akibat merokok mencapai 30% atau setara dengan 17,3 juta orang. Angka kematian tersebut diperkirakan terus meningkat hingga 2030 mencapai 23,3 juta orang.

Dalam momentum ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jember terus mengajak masyarakat berhenti merokok demi kesehatan diri dan orang sekitar. Ketua IDI Jember, dr. Alfi Yudisianto saat dihubungi K Radio pada Selasa (31/5/2022), mengatakan masyarakat perlu mengurangi kebiasaan merokok karena dampak negatif yang ditimbulkan besar. Seperti banyaknya kasus jaringan paru-paru yang mati hingga kanker stadium yang ia temukan di rumah sakit.

Meski demikian, Alfi mengklaim, saat ini ada peningkatan penerapan budaya merokok beretika di masyarakat. Yakni menghargai hak orang lain dengan tidak merokok di tempat umum, di depan anak kecil dan ibu hamil. Ia juga menyampaikan, banyak masyarakat yang mulai menanamkan budaya malu untuk merokok. Hal ini menandakan kesadaran masyarakat mengenai bahaya merokok mulai berkembang.(ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B