Jelang Musim Kemarau, Cuaca Panas Terik Dirasakan Sepekan Terakhir

Jelang Musim Kemarau, Cuaca Panas Terik Dirasakan Sepekan Terakhir

Jelang Musim Kemarau, Cuaca Panas Terik Dirasakan Sepekan Terakhir

Sejumlah wilayah Indonesia mengalami panas terik yang luar biasa dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. Di beberapa wilayah di Indonesia bahkan mencapai suhu hingga 36 derajat celsius.

Berdasarkan situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca di Kabupaten Jember sendiri terbilang cukup terik. Suhu rata-rata di siang hari dalam sepekan terakhir berkisar di atas 30 derajat celcius. Prakiraan cuaca pada Senin (16/5/2022), suhu puncaknya mencapai 32 derajat celcius.

Namun demikian BMKG menegaskan, bahwa panas terik itu bukan merupakan fenomena gelombang panas. Suhu panas yang terjadi dikarenakan puncak musim kemarau yang akan segera tiba. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, A. Fachri Radjab, Senin (16/5/2022).

Ia menjelaskan kondisi cuaca dengan suhu yang cukup tinggi merupakan sebuah kondisi yang lazim terjadi di wilayah tropis pada periode peralihan atau awal musim kemarau. Pemanasan di sekitar ekuator dalam tahap maksimum karena matahari saat ini berada di sekitar ekuator.

Ia memperkirakan cuaca panas akan berlangsung hingga bulan Juni nanti di sebagian wilayah Indonesia. Seiring pergerakan matahari menjauhi garis ekuator.

Dilansir dari laman BMKG, posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau. Hal itu menyebabkan tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujan akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B