JELANG TAHUN BARU IMLEK, VIHARA JAGATNATA MAYTREA MULAI BERSOLEK

JELANG TAHUN BARU IMLEK, VIHARA JAGATNATA MAYTREA MULAI BERSOLEK

JELANG TAHUN BARU IMLEK, VIHARA JAGATNATA MAYTREA MULAI BERSOLEK

Seminggu sebelum peringatan Tahun Baru Imlek, aktivitas di Vihara Jagatnata Maytrea Jember, terlihat meningkat. Sejumlah orang tampak sibuk menghias Vihara dengan ornamen khas imlek.


Miao Mei Huang, Senin (16/1/2023) mengatakan, kegiatan menghias vihara rutin dilakukan tiap tahun khususnya seminggu menjelang Imlek. Sesuai keyakinan Umat Budha Tionghoa, hal ini adalah ibadah untuk mengantarkan Dewa-Dewa kembali ke surga.

Mio Mei Huang menuturkan, kegiatan menghias Vihara ini dilakukan dalam 2 hari. Hari pertama, membersihkan semua peralatan kebaktian, seperti pelita, tempat dupa dan patung-patung. Kemudian pada hari kedua menghias ruangan Vihara dengan memasang lampion, pohon Imlek, serta hiasan lainnya. Kegiatan menghias ini dilakukan sendiri oleh jamaah Vihara.

Ia juga bilang, dikarenakan tahun ini Shio Kelinci maka ornamen-ornamennya akan didominasi dengan hiasan kelinci. Untuk hiasan ini nantinya akan dilepas di hari ke 15 setelah Imlek atau saat cap go meh.

Miao Mei Huang melanjutkan, perayaan Imlek di Vihara ini biasanya diikuti oleh 50 hingga 60 orang dan dilaksanakan satu hari menjelang Tahun Baru Imlek. Tahun ini perayaan dilaksanakan pada hari Selasa (21/1/2023) malam, mulai pukul 20.30 WIB hingga pukul 00.30 WIB atau masuk hari Rabu (22/1/2023).

Untuk harapan, Miao berharap di tahun kelinci ini seluruh bangsa Indonesia diberkati oleh Tuhan, dunia bebas dari wabah penyakit dan seluruh warganya bisa hidup dengan penuh kedamaian. (thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B