KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI JEMBER TERCATAT MENINGKAT

KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI JEMBER TERCATAT MENINGKAT

KASUS KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DI JEMBER TERCATAT MENINGKAT

Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Jember mencatat peningkatan kasus kekerasan seksual yang ditangani selama 2022. Bahkan kasus kekerasan di tahun ini tercatat naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data UPTD PPA Jember, dari Januari hingga November 2022, ada 27 laporan kekerasan seksual terhadap perempuan. Pada periode yang sama di tahun 2021, kasus kekerasan seksual sebanyak 10 kasus. Namun tidak menutup kemungkinan, masih banyak kasus lain yang tidak terlaporkan dan mendapatkan pendampingan.

Pendamping UPTD PPA Jember, Sindi Dwi Yunike, menyebut fenomena kasus kekerasan seksual seperti gunung es. Banyak kasus yang mungkin saja tidak dilaporkan, khususnya di wilayah rural atau desa. Selain itu, kebanyakan kasus kekerasan yang dialami korban, dilakukan oleh orang-orang terdekat dan terjadi di rumah.

Banyaknya kasus yang dilaporkan menurut Sindi juga dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat yang semakin meningkat terkait kekerasan seksual. Selain itu, semakin terbukanya akses untuk melapor juga mendukung banyaknya kasus terungkap. Ke depan, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi ke wilayah rural, agar kasus kekerasan seksual yang masih belum terungkap bisa didampingi.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B