KEBAKARAN TPA PAKUSARI BERHASIL DIPADAMKAN SETELAH 6 HARI PENANGANAN

KEBAKARAN TPA PAKUSARI BERHASIL DIPADAMKAN SETELAH 6 HARI PENANGANAN

KEBAKARAN TPA PAKUSARI BERHASIL DIPADAMKAN SETELAH 6 HARI PENANGANAN

Kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari akhirnya berhasil dipadamkan di hari ke-6 pada Kamis (25/8/2022). Diketahui, sebagian wilayah TPA Pakusari seluas 2 hektare terbakar sejak Jumat (19/8/2022). Api dijinakkan oleh tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Jember pada Rabu malam. Kemudian sehari setelahnya, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama tim damkar melakukan pendinginan.

Proses pendinginan dilakukan sejak pukul 08.00 – 12.00 WIB. Menurut Kabid Linmas Satpol PP Jember, Suyono Adi Siswanto, pihaknya juga terus berjaga di TPA Pakusari. Dalam proses pendinginan, tim Damkar menerjunkan 4 armada, DLH mengirimkan 2 truk tangki dan BPBD 1 truk tangki yang masing-masing berkapasitas 5 ribu liter. Selain itu, DLH juga mengirimkan alat berat untuk memisahkan sampah agar bara api tidak merambat.

Yono menambahkan, pihak Damkar pun terus lakukan penyisiran untuk berjaga-jaga munculnya kembali api di tumpukan sampah. Selain itu, Dinkes juga ikut membantu dalam pengecekan kesehatan warga sekitar yang terimbas kebakaran TPA Pakusari. Sejauh ini, tidak ada warga yang mengalami gejala berat. Keluhan rata-rata gejala ringan, seperti batuk dan sakit mata dan langsung ditangani oleh Dinkes Jember.

Yono berharap, ke depan pihak TPA Pakusari bisa memperketat pengawasan. Selain itu, pihaknya menyarankan harus ada imbauan dan larangan untuk menimbulkan bara api di sekitar TPA Pakusari agar kejadian serupa tidak terulang kembali.(ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B