KEMBANGKAN POTENSI DESA WISATA DENGAN POKDARWIS

KEMBANGKAN POTENSI DESA WISATA DENGAN POKDARWIS

KEMBANGKAN POTENSI DESA WISATA DENGAN POKDARWIS

Dinas Pariwisata Kabupaten Jember berupaya untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di masing-masing desa melalui Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Hal ini disampaikan Deta Irama Kasih, Kabid Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Kamis (19/1/2023).

Ia menjelaskan, Pokdarwis memiliki peluang untuk membuka potensi destinasi wisata baru yang dimiliki sebuah desa. Peran Pokdarwis sangat penting, karena dengan adanya komunitas tersebut dapat membantu mengangkat potensi desa. Karena yang paling mengerti potensi desanya adalah masyarakat desa itu sendiri.

Deta menerangkan, untuk saat ini Dispar sedang memetakan wilayah yang berpotensi untuk dijadikan desa wisata. Menurutnya, semua desa di Jember berpotensi untuk dijadikan desa wisata diantaranya Garahan, Ledokombo, Sidomulyo, Tempurejo, Sidodadi, Sanenrejo dan masih banyak lagi.

Untuk program ini Dispar menggandeng Faji (Federasi Arung Jeram Indonesia), tujuannya untuk mencari potensi-potensi desa yang bisa dijadikan wisata arung jeram. Saat ini Dispar sedang melakukan pemetaan terhadap wilayah yang layak dijadikan area arung jeram. Nantinya wilayah yang memiliki potensi tersebut akan dipromosikan oleh Dispar Jember dan Faji.

Deta menambahkan, wilayah yang berpotensi untuk dijadikan arung jeram antara lain ada sungai Kanal di Desa Wuluhan, Sungai Jamintoro di Desa Jamintoro dan Sungai Sentul di Desa Suci. Kedepan pihaknya  akan terus memetakan dearah mana  yang layak untuk djadikan wisata arung jeram. (raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B