KETERWAKILAN PEREMPUAN 30 PERSEN MENJADI SYARAT MUTLAK PENGAJUAN BACALEG, BEGINI PENJELASANNYA

KETERWAKILAN PEREMPUAN 30 PERSEN MENJADI SYARAT MUTLAK PENGAJUAN BACALEG, BEGINI PENJELASANNYA

KETERWAKILAN PEREMPUAN 30 PERSEN MENJADI SYARAT MUTLAK PENGAJUAN BACALEG, BEGINI PENJELASANNYA

KPU Jember telah melakukan rekapitulasi jumlah bacaleg yang akan berkontestasi dalam Pemilu Legislatif tahun 2024 nanti. Ada 868 orang terdiri dari 553 bacaleg laki-laki dan 315 perempuan dari 18 partai politik peserta pemilu 2024. Keseluruhan bacaleg telah dinyatakan melengkapi persyaratan administrasi awal sesuai regulasi KPU.

Achmad Susanto, Komisioner KPU Jember Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Selasa (16/5/23) mengatakan, selama proses pendaftaran terdapat tiga partai politik yang tidak 100 persen mengisi kuota pendaftaran 50 orang. Dua partai politik hanya mendaftarkan 35 bacalegnya dan satu partai mendaftarkan 48 bacaleg. Namun selama keterwakilan perempuan 30 persen terpenuhi, hal itu tidak menyalahi ketentuan.

Selama masa pendaftaran juga sempat ada pengembalian berkas kepada empat partai politik, yakni dari Hanura, PBB, Partai Umat, dan Gerindra. Berkas tersebut dinyatakan belum lengkap secara administratif sehingga perlu diperbaiki.

Susanto menyontohkan, kelengkapan yang belum terpenuhi antara lain terdapat beberapa persyaratan pengajuan yang belum terunggah di Silon, seperti ijazah, KTP Elektronik, SKCK, serta keterangan sehat, bahkan ada yang belum mendapatkan persetujuan dari DPP partai. Sehingga belum bisa diproses oleh KPU Jember.

Terkait hal tersebut, Parpol diminta segera memperbaiki berkas dalam kurun waktu pendaftaran hingga tanggal 14 Mei pukul 23.59 WIB dan telah dilakukan.

Selanjutnya, setelah dilakukan verifikasi administrasi awal, KPU akan menyampaikan hasilnya kepada seluruh partai peserta pemilu sehingga pada tanggal 25 Juni-9 Juli akan dilakukan pengajuan perbaikan lagi terkait penempatan bacaleg di dapilnya.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B