KIAT CERDAS BPBD MELAKSANAKAN GERPAS

KIAT CERDAS BPBD MELAKSANAKAN GERPAS

KIAT CERDAS BPBD MELAKSANAKAN GERPAS

BPBD Jember bersama forkopimda melaksanakan gerakan Gerpas (Gerakan Perempesan Pohon) untuk menyambut Bulan K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja). Rencananya kegiatan ini akan dimulai pada Selasa, 24 Januari sampai Kamis 26 Januari 2023.

Sigit Akbari, Ketua BPBD Kabupaten Jember, Sabtu (21/1/2023) menerangkan, gerakan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian BPBD (Badan Penanggulanan Bencana Daerah) untuk mengurangi resiko pohon tumbang di sepanjang jalan. Khususnya di tiga wilayah kota, yakni Kecamatan Kaliwates, Patrang dan Sumbersari.

Adapun karakteristik pohon yang akan ditebang atau dirempes adalah pohon-pohon keropos dan berpotensi untuk tumbang, pohon yang terlalu tinggi, serta pohon yang berpotensi mengganggu kabel PLN.

Menurutnya, mayoritas pohon-pohon di Jember sudah berumur tua, kebanyakan dari jenis Pohon Angsana dan Pohon Trembesi. Sasaran pohon akan dirempes atau ditebang sekitar 780 pohon dan sudah diberi tanda sebelumya.

Sigit berharap, dengan adanya kegiatan Gerpas ini dapat meningkatkan rasa aman masyarakat terhadap risiko pohon tumbang. Kegiatan ini nantinya juga akan dijadikan sebagai program berkelanjutan BPBD.(raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B