KPU JEMBER TELAH TERIMA 95 PERSEN LOGISTIK PEMILU, KURANG BEBERAPA FORMULIR PLANO

KPU JEMBER TELAH TERIMA 95 PERSEN LOGISTIK PEMILU, KURANG BEBERAPA FORMULIR PLANO

KPU JEMBER TELAH TERIMA 95 PERSEN LOGISTIK PEMILU, KURANG BEBERAPA FORMULIR PLANO

Seluruh surat suara untuk Pemilu 2024 telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember. Hal ini dikatakan Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin, Kamis (4/1/24).

Ia mengatakan, secara umum logistik yang telah diterima sudah 95 persen. Termasuk lima jenis surat suara sudah terpenuhi dengan lengkap, kotak suara, bilik suara, beberapa perlengkapan untuk alat coblos dan lainnya sudah diterima juga.

Untuk lima jenis surat suara yang diterima dengan rincian DPRD kabupaten sejumlah 2.021.853, DPD Jatim sejumlah 2.014.853, DPRD Provinsi Jatim sebanyak 2.014.853, DPR RI sebanyak 2.014.853, dan Pilpres sebanyak 2.014.853 surat suara.

Untuk surat suara kedatangannya bertahap dari 19-29 Desember 2023. Sedangkan jumlahnya disesuaikan dengan DPT dan tambahan cadangan 2 persen untuk masing-masing TPS.

Mengantisipasi kerusakan logistik terutama surat suara akibat cuaca hujan, pihaknya melakukan pengecekan secara berkala. Seluruh logistik disimpan dalam gudang beralaskan palet kayu untuk menghindari kelembaban.

Bagian atas, terutama untuk surat suara juga ditutup dengan terpal untuk mengantisipasi kemungkinan ada tetesan air hujan yang masuk akibat kebocoran atap gudang.

Sementara, logistik yang belum diterima berupa Formulir C Plano hasil, daftar pasangan calon, dan daftar calon tetap. Selanjutnya dalam waktu dekat akan dilakukan pelipatan surat suara dan kotak suara.

Sedangkan untuk pengamanan, setiap harinya delapan orang petugas dari Polri turut menjaga gudang KPU. Mereka terbagi dalam dua shift siang dan malam masing-masing empat orang.

Kanit Binmas Polsek Sumbersari Iptu Heru Marjudi mengatakan, pengamanan akan terus dilakukan hingga selesainya rangkaian Pemilu 2024.

Heru menyampaikan, fokus pengamanan dilakukan untuk memastikan tidak ada orang asing di sekitaran gudang yang mengganggu surat-surat rahasia negara terkait dengan Pemilu.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B