MANFAAT KOPI DAPAT MENANGKAL RADIKAL BEBAS

MANFAAT KOPI DAPAT MENANGKAL RADIKAL BEBAS

MANFAAT KOPI DAPAT MENANGKAL RADIKAL BEBAS

Kandungan kafein pada kopi merupakan salah satu polyfenol atau antioksidan, yakni senyawa yang bisa menangkal berbagai penyakit serius seperti kanker, diabetes, infeksi, hingga hipertensi. Tidak hanya pada kopi kafein juga sering ditemukan pada berbagai makanan, seperti teh dan coklat. Namun kandungan kafein pada kopi adalah yang paling tinggi, sehingga konsumsi kopi dapat memberikan manfaat pada tubuh seperti menangkal radikal bebas jika dikonsumsi dengan takaran sesuai.

Galih Purnasari, Dosen Prodi Gizi Klinik Politeknik Negeri Jember, Rabu (25/1/23) mengatakan, dosis kafein yang tepat bagi tubuh adalah 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi hitam untuk orang dewasa yang sehat dan tidak ada gangguan penyakit. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa konsumsi kopi yang baik adalah kopi tanpa gula sehingga manfaat kafein  lebih maksimal.

Galih menambahkan, agar mendapatkan manfaat lebih dari kopi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.  Antara lain cara penyeduhan kopi, sebaiknya jangan menggunakan suhu yang terlalu tinggi karena akan merusak kandungan antioksidannya.  Kemudian yang juga harus diperhatikan adalah bahan tambahan pada kopi seperti gula, perasa atau pengawet yang biasanya tinggi kalori dan kurang baik bagi kesehatan.(raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B