MANGLI - KALIWATES BANJIR, BPBD SIAPKAN POSKO, PEMKAB LAKUKAN MITIGASI

MANGLI - KALIWATES BANJIR, BPBD SIAPKAN POSKO, PEMKAB LAKUKAN MITIGASI

MANGLI - KALIWATES BANJIR, BPBD SIAPKAN POSKO, PEMKAB LAKUKAN MITIGASI

Banjir kembali melanda sebagian wilayah Kabupaten Jember pada Minggu (9/1/2022) sore. Curah hujan cukup tinggi yang terjadi sejak Minggu siang, membuat air sungai Semangir di Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates meluap. Luapan banjir itu sempat merendam beberapa titik lokasi, seperti Sempusari, Mangli, dan sebagian Kelurahan di wilayah Jember kota.

Menurut seorang warga Perumahan Bumi Mangli Permai (BMP), Vonny Dwi Aprilia, banjir terjadi sekitar pukul 16.00 WIB dengan ketinggian kurang lebih 1 meter. Sebagian kawasan perumahan BMP terjebak banjir selama beberapa jam dan mulai surut pada pukul 18.00 WIB.

Vonny mengaku, bencana banjir sebenarnya terjadi setiap tahun di wilayahnya. Namun belum pernah sampah separah kalinini. Biasanya hanya terdapat genangan air di depan rumah.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Bupati Jember, MB Firjaun Barlaman kepada K Radio, Minggu malam, menyampaikan bahwa tim BPBD Jember sudah menyiapkan posko. Upaya lain yang dilakukan BPBD Jember yakni membersihkan lumpur sisa banjir.

Firjaun melanjutkan, berdasarkan laporan sementara, belum ada korban jiwa. Namun, kerusakan rumah warga cukup parah, seperti tembok ambrol. Selain itu, ada juga kendaraan yang sempat terbawa arus. Untuk mengantisipasi bencana banjir susulan, pihaknya melakukan berbagai mitigasi dan edukasi terhadap masyarakat. Serta menyiagakan sejumlah relawan kebencanaan.(ian)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B