MANTAPKAN KESIAPAN, KPU JEMBER GELAR SIMULASI PENCOBLOSAN

MANTAPKAN KESIAPAN, KPU JEMBER GELAR SIMULASI PENCOBLOSAN

MANTAPKAN KESIAPAN, KPU JEMBER GELAR SIMULASI PENCOBLOSAN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024, Rabu (31/1/24). Simulasi yang digelar berdasarkan imbauan dari KPU RI ini dilakukan mendekati kondisi riil seperti di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin menyampaikan, simulasi ini digelar untuk lebih memantapkan terutama bagi penyelenggara pemilu baik PPK maupun KPPS yang sudah dilantik.

Tidak ada perbedaan mendasar dalam simulasi dengan pelaksanaan pemilu di TPS secara umum. Hanya untuk ornamen logistik seperti surat suara yang tidak sama.

Kemudian sebelum memasuki area TPS, saksi harus memiliki surat mandat dari parpol maupun pasangan calon termasuk saksi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sebelum pencoblosan juga dilakukan pengarahan oleh Ketua KPPS baik tahapan persiapan maupun pelaksanaan. Hingga simulasi penghitungan surat suara dan tata cara pengisian form.

Dalam simulasi tersebut, juga memperagakan pemungutan suara oleh penyandang disabilitas. Mereka pemilih disabilitas boleh didampingi oleh orang kepercayaan namun hanya sampai bilik suara saja, karena pemilihan bersifat rahasia.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B