MENPAREKRAF SEBUT 20 JUTA UMKM INDONESIA MASUK EKOSISTEM EKONOMI DIGITAL, APRESIASI PENYEDIA E-COMMERCE

MENPAREKRAF SEBUT 20 JUTA UMKM INDONESIA MASUK EKOSISTEM EKONOMI DIGITAL, APRESIASI PENYEDIA E-COMMERCE

MENPAREKRAF SEBUT 20 JUTA UMKM INDONESIA MASUK EKOSISTEM EKONOMI DIGITAL, APRESIASI PENYEDIA E-COMMERCE

Jember terpilih menjadi lokasi ke-11 pelaksanaan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 dari 16 Kabupaten/Kota di Indonesia. Program yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI itu bertujuan untuk pengembangan ekonomi kreatif (ekraf). Caranya melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

Di hari terakhir pameran AKI 2022 di Jember pada Minggu (7/8/2022), Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, menyempatkan hadir langsung menyapa pelaku ekraf Jember. Ia turut semangat dan bangga bertemu 27 finalis Jember yang lolos dalam AKI 2022. Bahkan menurutnya, para pelaku ekraf Jember menembus imajinasi menampilkan produk dan karya terbaik. Tak hanya itu, ia juga mengapresiasi perusahaan teknologi yang berfokus pada e-commerce. Salah satunya yakni Shopee yang dipercaya untuk berkolaborasi bersama Kemenparekraf menyukseskan AKI 2022.

Langkah tersebut menurut Sandi agar UMKM naik kelas, sehingga bisa bersaing dengan merek-merek besar. Melalui inovasi, adaptasi dan kolaborasi, pihaknya ingin ada 30 juta UMKM on boarding di platform e-commerce dan masuk ekosistem ekonomi digital pada tahun depan. Sehingga, produk-produk ekraf lokal bukan hanya untuk nasional, tapi bisa go internasional. Terkait sisi positif lain, sektor ekraf nyatanya juga telah menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru pada 2022. Ia pun optimistis dalam mematok target besar pada 2024, yakni ada 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekraf.

Secara teknis, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya, menjelaskan bahwa bentuk kerjasamanya bukan hanya dalam hal penyedia e-commerce saja. Tapi juga memberikan pelatihan digital pada pelaku UMKM, mulai dari pemasaran, pengemasan, hingga pemanfaatan teknologi untuk berjualan. Pihaknya juga bakal memberikan hadiah khusus bagi para pelaku ekraf yang menang dalam Pekan Puncak AKI 2022 di Jakarta September mendatang.(dna)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B