MESKI TES TULIS BISA DIGELAR, NAMUN PILKADES SERENTAK DITUNDA TANPA KEPASTIAN

MESKI TES TULIS BISA DIGELAR, NAMUN PILKADES SERENTAK DITUNDA TANPA KEPASTIAN

MESKI TES TULIS BISA DIGELAR, NAMUN PILKADES SERENTAK DITUNDA TANPA KEPASTIAN

Tes tulis akhirnya digelar bagi para bakal calon Kepala Desa pada Kamis (19/8/2021) di kantor Pemkab Jember. Tes tulis itu digelar bagi Desa yang memikili bakal calon lebih dari 5 orang dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021. Total ada 80 bakal calon yang mengikuti tes tulis dari 10 Desa yang ada di 8 Kecamatan. Pelaksanaan tes menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispemades) Jember, Adi Wijaya, tes tulis menjadi salah satu tahapan terakhir yang bisa dilaksanakan saat ini. Sebab, berdasarkan surat instruksi dari Menteri Dalam Negeri, seluruh tahapan Pilkades diminta ditunda selama setidaknya 2 bulan. Terhitung sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap pertama.

Adi melanjutkan, hasil tes tulis tersebut langsung diumumkan untuk selanjutnya dilakukan penetapan calon Kepala Desa yang akan maju dalam Pilkades Serentak Jember 2021. Untuk tahapan selanjutnya, yakni kampanye dan pencoblosan harus ditunda karena bisa menimbulkan kerumunan.

Meskipun surat Mendagri menyebutkan penundaan berlaku hingga 2 bulan ke depan, namun Adi tidak bisa memastikan tanggal pelaksanaan tahapan Pilkades serentak selanjutnya. Sebab, hal itu bergantung pada tingkat keberhasilan pengendalian Covid-19 di Jember serta keputusan perpanjangan PPKM dari pemerintah pusat.(adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B