MODUS PENIPUAN SIBER CATUT NAMA GUS FIRJAUN, KADISKOMINFO JEMBER INGATKAN MASYARAKAT WASPADA

MODUS PENIPUAN SIBER CATUT NAMA GUS FIRJAUN, KADISKOMINFO JEMBER INGATKAN MASYARAKAT WASPADA

MODUS PENIPUAN SIBER CATUT NAMA GUS FIRJAUN, KADISKOMINFO JEMBER INGATKAN MASYARAKAT WASPADA

Nama pejabat di Kabupaten Jember kembali dicatut dalam modus penipuan via online. Kali ini nama Wakil Bupati, MB Firjaun Barlaman atau Gus Firjaun yang dicatut untuk penipuan menyasar takmir masjid dan musala di Kabupaten Jember. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jember, Bobby Ari Sandi.

Menurut Bobby, akhir-akhir ini muncul lebih dari 1 akun Whatsapp mengatasnamakan Gus Firjaun dengan nomor berbeda-beda. Foto profil akun-akun palsu itu diambil dari media sosial maupun berita yang memuat gambar Gus Firjaun. Akun bodong itu menghubungi takmir masjid dan musala seolah-olah ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jember. Namun, untuk memperlancar proses bantuan, target korban dimintai sejumlah uang.

Bobby menegaskan, bahwa saat ini belum ada program bantuan dari Pemkab seperti yang diklaim oleh akun palsu tersebut. Terlebih, seluruh bantuan dari Pemkab tidak memungut biaya apapun dari penerima, termasuk dengan alasan memperlancar proses. Ia meminta masyarakat lebih waspada, karena modus serupa beberapa kali terjadi dengan mencatut nama pejabat di Kabupaten Jember, termasuk Bupati.

Diketahui, kejahatan siber semacam itu bukanlah kali pertama terjadi di Jember. Modus serupa juga pernah dialami Anggota DPRD Jawa Timur, Satib yang namanya dicatut untuk aksi penipuan. Modusnya hampir sama, yakni dengan menawarkan program pemberian bantuan untuk yayasan pendidikan sosial keagamaan. 2 korban penipuan tersebut merupakan ketua kelompok masyarakat yang melaksanakan pembangunan infrastruktur dengan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jawa Timur. Bahkan para korban kehilangan uang sampai ratusan juta rupiah dari kasus tersebut.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B