MOMEN HSN, PC NU JEMBER DORONG SANTRI LEBIH GIGIH BERWIRAUSAHA

MOMEN HSN, PC NU JEMBER DORONG SANTRI LEBIH GIGIH BERWIRAUSAHA

MOMEN HSN, PC NU JEMBER DORONG SANTRI LEBIH GIGIH BERWIRAUSAHA

Momen peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2021 di peringati oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Jember yang menggelar upacara peringatan HSN secara terbatas dan sesuai protokol kesehatan di kantornya Jumat (22/10/2021) pagi.

Dalam sambutannya, Ketua PC NU Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin menyatakan, penetapan HSN yang sudah memasuki tahun ke enam, merupakan bentuk apresiasi negara atas kontribusi para ulama dan santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui Resolusi Jihad.

Resolusi jihad yang dikeluarkan pada 22 Oktober 1945 oleh KH Hasyim Asy’ari berkontribusi besar dalam membakar patriotisme warga saat itu, untuk melawan upaya penjajahan kembali oleh Belanda pasca Perang Dunia II. Sayangnya, resolusi jihad tersebut selama puluhan tahun kurang mendapat pengakuan dari negara. Baru pada tahun 2015 Presiden Joko Widodo mengeluarkan Surat Keputusan Presiden No. 22 tahun 2015 tentang penetapan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri Nasional.

Kontribusi santri di masa kini, menurut pria yang akrab disapa Gus Aab itu perlu disesuaikan dengan tantangan zaman. Salah satunya pada aspek perekonomian. Gus Aab mendorong para santri untuk lebih memperkuat kemampuan berwirausaha sehingga mampu mewarnai perekonomian tanah air. Termasuk pemahamanan keagamaan yang mampu mendorong umat untuk lebih gigih dalam berbisnis. (adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B