MUSRENBANG RKPD JEMBER 2023, FOKUS KETAHANAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

MUSRENBANG RKPD JEMBER 2023, FOKUS KETAHANAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

MUSRENBANG RKPD JEMBER 2023, FOKUS KETAHANAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Bupati Jember, Hendy Siswanto membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jember tahun 2023. Acara itu berlangsung di Aula PB Sudirman Pemkab Jember pada Kamis (31/03/2022) pagi.

Hendy menyampaikan, fokus pembangunan dalam RKPD 2023 adalah pembangunan ketahanan sosial dan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia menilai hal tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah daerah sebagai pelayanan masyarakat Jember.

Menurut Hendy, selain pembangunan infrastruktur yang tetap menjadi prioritas utama, ada indikator lain. Mulai dari penurunan angka kemiskinan, penuntasan angka pengangguran, peningkatan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) dari sektor pariwisata, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Pandemi Covid-19 selama 2 tahun lebih membuat perekonomian masyarakat hancur. Sehingga Hendy berharap ada perputaran uang yang maksimal di daerah. Selain itu, ia juga mendorong masyarakat Jember turut andil dalam pemulihan ekonomi lokal Jember dengan cara membeli produk atau dagangan UMKM di Jember.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Jember, Hadi Mulyono, menyampaikan dalam Musrenbang kali ini ada 1.068 usulan dari aspirasi masyarakat. Selain itu, usulan pokok pikiran dari DPRD Jember sebanyak 908. Namun secara umum, usulan itu masih sama seperti tahun sebelumnya, termasuk soal pembangunan infrastruktur.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B