PARKIR SEMBARANGAN, MASALAH KLASIK YANG MENAMBAH PARAH KEMACETAN

PARKIR SEMBARANGAN, MASALAH KLASIK YANG MENAMBAH PARAH KEMACETAN

PARKIR SEMBARANGAN, MASALAH KLASIK YANG MENAMBAH PARAH KEMACETAN

Kemacetan di kawasan kampus Kecamatan Sumbersari akhir-akhir ini sering dikeluhkan masyarakat. Terutama di sekitar persimpangan Mastrip dan DPRD Jember. Bahkan saat jam padat, antrean kendaraan mengular di beberapa ruas jalan sekitarnya. Hal itu diperparah dengan kendaraan yang parkir sembarangan.

Berdasarkan pantauan K Radio pada Rabu (31/8/2022), tidak sedikit kendaraan yang parkir di dekat persimpangan bundaran Mastrip dan bundaran DPRD. Padahal sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, ada beberapa area dilarang parkir, salah satunya di dekat persimpangan. Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Jember, Dian Eka, menjelaskan bahwa pada dasarnya fungsi jalan memang diperuntukkan sebagai saran transportasi. Namun tak jarang, bahu jalan digunakan sebagai tempat parkir sebagai imbas kegiatan di sekitarnya.

Hal itu menurut Dian, sudah disampaikan dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Jember untuk mencari solusi parkir sembarangan yang masih marak, khususnya di wilayah kampus. Tujuannya agar fungsi jalan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP, karena beberapa fenomena parkir sembarangan yang terjadi, akibat adanya kegiatan usaha.

Masalah parkir khususnya di Kawasan kampus, menjadi masalah klasik yang selama ini belum teratasi. Meskipun aturan terkait parkir sudah ada dan disosialisasikan, tetapi tidak ada sanksi tegas yang diberlakukan bagi para pelanggar.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B