PASCA 18 TAHUN, FENOMENA 5 PLANET SEJAJAR TERLIHAT DI LANGIT JEMBER

PASCA 18 TAHUN, FENOMENA 5 PLANET SEJAJAR TERLIHAT DI LANGIT JEMBER

PASCA 18 TAHUN, FENOMENA 5 PLANET SEJAJAR TERLIHAT DI LANGIT JEMBER

Fenomena 5 planet sejajar terlihat di langit Jember pada Jumat (24/6/2022) pagi. Fenomena itu berlangsung beberapa menit dan bisa terlihat dengan mata telanjang. Pengamatan itu dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Mereka tergabung dalam Komunitas Pencinta Astronomi Islam (Kompas), melakukan pengamatan sejak pukul 04.30 WIB di halaman depan kampus.

5 planet sejajar itu yakni merkurius, venus, mars, yupiter dan saturnus. Formasi sejajar dari kelima planet dan bulan tersebut tampak paling sempurna pada Kamis ini. Fenomena tersebut merupakan momen langka yang terakhir terjadi pada 2004 atau 18 tahun lalu.

Namun menurut salah satu anggota Kompas UIN KHAS, Ilyas, pihaknya hanya berhasil mengabadikan penampakan bulan saja. Hal itu dikarenakan faktor cuaca, karena ada kendala awan yang menutupi. Serta fenomenanya yang tidak berlangsung lama, hanya beberapa menit saja. Sehingga, momen 5 planet sejajar belum berhasil diabadikan oleh teleskop.

Meski demikian, Dosen yang ikut melakukan pengamatan, Ana, berharap kegiatan tersebut bisa memberikan edukasi dan pengenalan planet yang ada di semesta. Ke depan, ia ingin pembidikan semacam ini bisa diikuti oleh pihak di luar anggota Kompas. Terutama para siswa mulai dari jenjang SD – SMA, agar mereka bisa tahu secara langsung mengenai planet yang ada.

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B