PASCA LEBARAN HARGA BAPOKTING DI JEMBER RELATIF STABIL, HARGA CABAI BAHKAN TURUN DRASTIS

PASCA LEBARAN HARGA BAPOKTING DI JEMBER RELATIF STABIL, HARGA CABAI BAHKAN TURUN DRASTIS

PASCA LEBARAN HARGA BAPOKTING DI JEMBER RELATIF STABIL, HARGA CABAI BAHKAN TURUN DRASTIS

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember menyampaikan harga Bahan Pokok Penting (Bapokting) memasuki pekan ketiga usai lebaran relatif stabil, bahkan ada yang mengalami penurunan cukup signifikan.

Kepala Disperindag Jember, Bambang Saputro mengatakan, harga Bapokting berdasarkan hasil rekapitulasi harian di pasar-pasar Jember, Sabtu (13/5/23) untuk harga beras medium dijual dengan harga Rp11.100/kg.

Sedangkan beras premium dijual dengan harga Rp12.779/kg, gula pasir Rp12.964/kg, lalu minyak goreng curah dijual Rp15.333/liter dan minyak goreng kemasan Rp17.214/liternya. Kemudian, bawang merah Rp38.464/kg, bawang putih Rp 29.518/kg dan telur ayam ras Rp 28.286/kg.

Ia juga menyebut saat Ramadan hingga Idul Fitri harga bahan pokok penting di pasar-pasar Jember cenderung stabil. Kenaikan hanya terjadi pada komoditas tertentu seperti daging-dagingan, yang kini sudah berangsur turun. Disamping itu, Bambang menyebut sampai saat ini harga cabai rawit masih terpantau turun drastis, yakni dari Rp75.000 mejadi Rp 26.000/kg.

Ia menegaskan, pihaknya akan berupaya terus menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di masyarakat. Caranya dengan meningkatkan produksi, manajemen stok dan optimalisasi pasar murah. Selain itu, rakor pengendalian inflasi yang rutin diselenggarakan setiap minggunya juga turut memastikan agar koordinasi dan kerja sama antar daerah berlangsung dengan optimal.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B