PEMKAB JEMBER GANDENG PT APLOG BERIKAN PEMBINAAN PADA 130 UMKM

PEMKAB JEMBER GANDENG PT APLOG BERIKAN PEMBINAAN PADA 130 UMKM

PEMKAB JEMBER GANDENG PT APLOG BERIKAN PEMBINAAN PADA 130 UMKM

Pemkab Jember melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro (Diskopum) bekerjasama dengan PT Angkasa Pura Logistik (APLOG) wilayah Surabaya melakukan pembinaan UMKM Jember 2022. Kegiatan tersebut dalam rangka program Corporate Social Responsibility (CSR) APLOG yang dilaksanakan di Aula PB Sudirman pada Senin (12/12/2022) pagi.

Kepala Diskopum Jember, Sartini, menjelaskan bahwa pelatihan kewirausahaan pelaku UMKM yang diselenggarakan kali ini bertujuan untuk membantu mereka dalam melakukan pembukuan yang baik. Mengingat, selama ini masih banyak yang belum terampil dalam menjalankan pembukuan terhadap usaha mereka masing-masing. Selain itu, ada juga pelatihan terkait dengan kemasan produk.

Sartini melanjutkan, Badan Sertifikasi Nasional juga turut hadir memberikan materi terkait perizinan kepada 130 peserta yang hadir secara hybrid. Tiap produk untuk on boarding harus punya perizinan yang lengkap, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), perizinan Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), dan sertifikasi halal.(ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B