PENANGANAN MASALAH SAMPAH DI JEMBER TERKENDALA HAL INI

PENANGANAN MASALAH SAMPAH DI JEMBER TERKENDALA HAL INI

PENANGANAN MASALAH SAMPAH DI JEMBER TERKENDALA HAL INI

Menurut data dari Dinas Lingkungan Hidup, rata-rata warga Jember menghasilkan setengah kilogram sampah per individu. Dengan jumlah penduduk mencapai 2,6 juta orang, total ada sekitar 1.300 ton sampah yang dihasilkan masyarakat per hari. Dari jumlah tersebut hanya sekitar 360 ton sampah yang bisa diangkut ke TPA, sedangkan sisanya masih dikelola oleh masyarakat seperti diolah sendiri, dibakar, bahkan dibuang di sungai.

Sugiyarto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, Jumat (5/5/23) mengatakan, perlu ada kolaborasi dari semua instansi untuk mengatasi persoalan sampah. Karena masalah terbesar dari masyarakat Jember adalah budaya masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan. Hal ini yang perlu untuk segera dirubah.

Menurut Sugiyarto, pihaknya sudah merencanakan dan melaksanakan gerakan agen perubahan yang dimulai dari sekolah, dengan menggalakkan Program Adiwiyata. Dengan adanya program tersebut diharapkan seluruh anak didik di sekolah bisa melakukan perubahan yang dimulai dari rumah masing-masing.(raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B