PENGOLAHAN SAMPAH BAKAL JADI TEMA BARU KKN DI UNEJ

PENGOLAHAN SAMPAH BAKAL JADI TEMA BARU KKN DI UNEJ

PENGOLAHAN SAMPAH BAKAL JADI TEMA BARU KKN DI UNEJ

Universitas Jember memasukkan tema pengolahan sampah dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematiknya. Hal itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember, Prof. Yuli Witono pada Selasa (12/7/2022).

Yuli menjelaskan awal mula masuknya tema pengolahan sampah pada program KKN Unej. Yakni dari keberhasilan mahasiswa peserta program Program KKN Tematik Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang mendampingi warga mengolah sampah. Lokasinya di Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah pada April – Juni lalu. Salah satu program yang terbukti berjalan dengan sukses adalah program bank sampah di desa setempat.

Menurut Yuli, sampah saat ini dan di masa depan bakal tetap menjadi masalah yang perlu ditangani serius. Oleh karena itu, pihaknya akan menjadikan pengolahan sampah sebagai tema yang bisa dipilih oleh mahasiswa saat mengikuti KKN tematik pada periode selanjutnya. Pihaknya berharap bisa mengubah pandangan masyarakat, yang semula melihat sampah sebagai barang tak berguna, menjadi potensi untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Sementara itu, Staf Ahli bidang Hubungan Antar Lembaga Kemendes PDTT, Samsul Widodo, mendukung program pengolahan sampah yang dimasukkan dalam tema KKN Tematik Unej. Saat ini, sampah bukan lagi permasalahan masyarakat kota saja, tapi sudah merambah desa. Oleh karena itu, butuh penanganan semua pihak secara bersama-sama dari hulu hingga hilir. Salah satunya, peran itu bisa dilakukan oleh mahasiswa melalui program KKN Tematik.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B