PERUBAHAN POSTUR APBN 2022, DPR RI HARAP PEMERINTAH JAGA UPAYA PERLINDUNGAN SOSIAL

PERUBAHAN POSTUR APBN 2022, DPR RI HARAP PEMERINTAH JAGA UPAYA PERLINDUNGAN SOSIAL

PERUBAHAN POSTUR APBN 2022, DPR RI HARAP PEMERINTAH JAGA UPAYA PERLINDUNGAN SOSIAL

Baru-baru ini pemerintah mengajukan perubahan postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2022 pada Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. Hal itu seiring dengan kondisi perekonomian global dan kenaikan harga komoditas global.

Anggota Banggar DPR RI, Charles Meikyansah saat berkunjung ke Jember, menyampaikan tingginya harga minyak mentah (Indonesia Crude Price/ICP) jadi salah satu alasannya. Sebelumnya, harga ICP yang diasumsikan pemerintah berkisar 70 dollar AS per barrel, saat ini naik ke angka 100 dollar AS per barrel. Nilai tersebut merupakan angka tengah dari usulan pemerintah yaitu 95-105 dollar AS per barrel.

Anggota DPR RI Dapil Jember – Lumajang itu juga menjelaskan, kondisi geo-politik antara Rusia dan Ukraina menjadi salah satu penyebab terpukulnya ekonomi secara global. Sehingga menyebabkan kenaikan harga, khususnya minyak. Ia berharap pemerintah bisa lebih selektif dengan adanya perubahan tersebut.

Charles juga menekankan, pemerintah tidak hanya harus melindungi dan menjaga postur APBN. Tapi upaya perlindungan sosial (perlinsos) bagi masyarakat pun perlu diutamakan. Pemerintah diharapkan tetap memberikan bantuan, baik berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) maupun subsidi kepada masyarakat, khususnya tingkat bawah. Terlebih, pasca pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir, banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B