PETANI DI JEMBER DESAK KEMENTAN SEGERA TERBITKAN SK ALOKASI PUPUK SUBSIDI 2021

PETANI DI JEMBER DESAK KEMENTAN SEGERA TERBITKAN SK ALOKASI PUPUK SUBSIDI 2021

PETANI DI JEMBER DESAK KEMENTAN SEGERA TERBITKAN SK ALOKASI PUPUK SUBSIDI 2021

Petani di Jember mendesak Kementerian Pertanian (Kementan) untuk segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang alokasi pupuk Subsidi 2021. Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jember, Jumantoro, Senin (21/12/2020) mengatakan, saat ini merupakan musim tanam bagi petani. Sehingga diperkirakan pada awal tahun depan, petani akan menghadapi masa pemupukan.
 
Menurut Jumantoro, jika masa pemupukan nanti berlangsung seperti kondisi saat ini dengan tidak adanya ketersedian pupuk subsidi di Jember, bisa dipastikan petani akan buntung. Karena harga pupuk non subsidi begitu mahal.
 
Jumantoro berharap, Kementan menerbitkan SK tentang alokasi pupuk subsidi 2021 sebelum 25 Desember tahun ini. Agar ada cukup waktu bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memproses ketersedian pupuk subsidi. Sehingga pada awal tahun depan, pupuk subsidi benar-benar bisa didapatkan oleh petani di daerah.
 
Senada dengan Jumantoro, petani asal Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Said menjelaskan, di wilayahnya saat ini sudah masuk masa tanam padi. Dirinya bersama petani lain setempat mengandalkan pupuk non subsidi, karena tidak tersedianya pupuk subsidi.
 
Bila kondisi ini berlanjut sampai masa pemupukan pada awal Januari 2021, Said mengaku tidak tahu harus berbuat apa. Sehingga iapun mendesak Kementan untuk segera menurunkan SK alokasi pupuk subsidi 2021.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B