PETANI JEMBER DIDORONG PRODUKSI TEBU UNTUK CUKUPI KEBUTUHAN GULA NASIONAL

PETANI JEMBER DIDORONG PRODUKSI TEBU UNTUK CUKUPI KEBUTUHAN GULA NASIONAL

PETANI JEMBER DIDORONG PRODUKSI TEBU UNTUK CUKUPI KEBUTUHAN GULA NASIONAL

Dalam rangka Mengembangkan produksi agar dapat mencukupi kebutuhan gula secara nasional serta meningkatkan kapasitas petani Jember, Jumat (22/10/2021) Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan bersama Anggota Komisi XI DPR RI H. Charles Meikyansah mengadakan bimbingan teknis (bimtek) pengembangan komoditi tanaman semusim dan rempah.

Kegiatan ini merupakan Bimtek ke 15, dihadiri oleh 80 peserta yang merupakan petani yang mewakili kelompok tani di masing-masing kecamatan di Kabupaten Jember. Bimtek kali ini fokus pada pengembangan tanaman semusim dan rempah khususnya tanaman tebu.

Meskipun sedang berada di Jambi, H. Charles Meikyansah menyempatkan hadir dengan memberikan sambutan sekaligus membuka acara Bimtek secara daring. Ia juga menyampaikan harapan kepada seluruh peserta agar dapat mengetahui cara budidaya tebu dengan baik sehingga hasil produksi lebih melimpah.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jember, Imam Sudarmaji yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan harapannya agar petani yang mengikuti Bimtek ini dapat ketuk tular kepada petani lainnya tentang bagaimana cara budidaya tebu yang bagus untuk meningkatkan produktivitas tebu di Kabupaten Jember.

Menurutnya, selain padi dan jagung sebagai penunjang ketahanan pangan nasional, tebu juga menjadi komoditas penting karena mayoritas masyarakat membutuhkan asupan gula. Selain itu Indonesia juga masih kekurangan produksi gula.

Sudarmaji menegaskan, ia yakin bahwa Jember memiliki potensi besar karena memiliki luasan areal yang cukup besar. Ada 2 areal tebu di Jember, yakni areal tebu Tegal yang luasannya mencapai 1.399 Ha dan areal Tebu sawah dengan luasan mencapai 2.841 Ha. Dengan potensi yang ini diharapkan produksi tebu di Jember bisa ditingkatkan.(ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B