PPA POLRES JEMBER CATAT KENAIKAN KASUS KDRT SELAMA 2022, DIDOMINASI KEKERASAN FISIK

PPA POLRES JEMBER CATAT KENAIKAN KASUS KDRT SELAMA 2022, DIDOMINASI KEKERASAN FISIK

PPA POLRES JEMBER CATAT KENAIKAN KASUS KDRT SELAMA 2022, DIDOMINASI KEKERASAN FISIK

Unit Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Satreskrim Polres Jember mencatat adanya kenaikan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Jember dalam tujuh bulan terakhir. Menurut Kanit PPA Satreskrim Polres Jember, Iptu Dyah Vitasari, ada 12 kasus yang telah ditangani pihaknya sepanjang pertengahan 2022 ini. Angka itu sedikit lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, yakni 10 kasus.

Vita merinci, mayoritas kasus KDRT yang diterima pihaknya berupa kekerasan fisik. Selain itu, ada juga kasus kekerasan psikis, seperti intimidasi dan pengancaman. Ia menyebut, dampak dari kekerasan psikis jauh lebih berbahaya, karena punya efek yang lebih panjang pada korban. Bahkan, bisa memengaruhi kehidupan sosial korban yang mengalami KDRT secara psikis.

Terkait penyebabnya, Vita menyebut ada beberapa faktor, tapi rata-rata dilatarbelakangi kondisi ekonomi. Perselisihan antara suami dan istri biasanya berawal dari kurang terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari. Faktor lainnya adalah rendahnya pendidikan yang membuat pasangan kurang ideal dalam menyelesaikan masalah atau mencari solusi.  Tidak jarang, mudahnya ketersinggungan pada suami maupun istri, memicu adanya bentuk-bentuk kekerasan.

Vita menambahkan, kasus KDRT berpotensi terjadi pada semua golongan usia. Hanya saja, memang kebanyakan berasal dari rumah tangga yang menikah di usia muda. Hal itu bisa disebabkan kematangan emosio yang masih kurang pada pasangan muda.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B