PRASASTI BARU KEMBALI DITEMUKAN DI SITUS ALAS KOTA KRANJINGAN

PRASASTI BARU KEMBALI DITEMUKAN DI SITUS ALAS KOTA KRANJINGAN

PRASASTI BARU KEMBALI DITEMUKAN DI SITUS ALAS KOTA KRANJINGAN

Selasa (17/1/2023) Dinas Pariwisata Kabupaten Jember mengklaim telah menemukan sebuah lempeng batu diduga Prasasti sisa peninggalan Kerajaan Jenggala era Samarotsaha. Angka tahun yang tertea pada lempeng batu tersebut 989 caka atau 1.067 Masehi. Lempeng batu ini ditemukan di Situs Alas Kota dimana pada Juni 2022 lalu juga ditemukan Prasasti Kranjingan.

Berdasarkan temuan tersebut Dinas Pariwisata selanjutnya melakukan penelitian untuk mencari Alas Kota yang diduga berada di daerah Kranjingan, Kelurahan Langsepan, Kecamatan Sumbersari. Diperkirakan Luas kota zaman kerajaan tersebut sekitar 20 hektar.

Dhebora Krisnowati, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, saat ditemui K Radio Rabu (18/1/2023) membenarkan tentang penemuan tersebut. Sebelumnya telah ditemukan tiga buah dolmen yang diduga kuat bagian dari Kedaton atai Alas Negare. Di sebelah timur dari tempat ditemukannya dolmen tersebut juga ditemukan dua dolmen besar dan dua dolmen kecil. Diantara dolmen besar dan kecil itu ditemukan lempeng batu yang diduga prasasti.

Tidak hanya itu, masih di area yang sama juga ditemukan aliran sungai sepanjang 1 km yang disebut dengan sungai Mayang. Disekitar aliran sungai tersebut ditemukan bekas benteng (talud), serta ditemukan juga sumur tua di daerah pinggiran yang diduga sebagai tempat minum kuda.

Debora menambahkan, penelusuran di situs Alas kota tersebut sudah lama dilakukan. Penelusuran akan terus dilakukan karena diduga banyak peninggalan dari kerajaan Jenggala yang masih terpendam. (Raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B