PULIHKAN EKOSISTEM SUNGAI DENGAN FERMENTASI LIMBAH DAPUR ORGANIK

PULIHKAN EKOSISTEM SUNGAI DENGAN FERMENTASI LIMBAH DAPUR ORGANIK

PULIHKAN EKOSISTEM SUNGAI DENGAN FERMENTASI LIMBAH DAPUR ORGANIK

Palang Merah Remaja (PMR) SMPK Santo Petrus dan SMPN 1 Jember bersama Bupati Jember Hendy Siswanto dan komunitas Eco Enzyme Nusantara, Minggu (7/5/23), menuangkan 100 liter cairan eco enzyme ke aliran Sungai Jompo yang berada tepat di belakang Masjid Jami' Al Baitul Amin Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem sungai yang sudah hampir semuanya tercemar.

Eco Enzyme adalah larutan kompleks hasil fermentasi dari limbah organik, seperti limbah buah dan sayuran dengan campuran gula merah atau molase serta air menggunakan bantuan mikroorganisme selektif dari kelompok jamur dan bakteri selama 3 bulan.

Dina Putu Kristiyanti, Anggota Komunitas Eco Enzyme Nusantara kepada K Radio mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan penuangan rutin ke sungai setiap 2 pekan sekali. Selain untuk menjaga ekosistem sungai, pihaknya juga sekaligus ingin mengedukasi masyarakat lewat kegiatan itu.

Menurut Dina, dengan berbagai manfaat dari eco enzyme, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk membuat kualitas tanah, air, maupun udara di Jember lebih baik. Mengingat, eco enzyme bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, salah satunya dituangkan ke sungai yang bertujuan untuk mengurai polutan.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, turut mengapresisasi kegiatan peduli ekosistem sungai dengan eco enzyme. Ia berpesan pada masyarakat Jember untuk bersama-sama menjaga sungai. Selain itu, dirinya juga mengajak masyarakat merubah limbah organik menjadi barang yang bermanfaat dan multiguna, salah satunya seperti eco enzyme.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B