RDPU KOMISI X DPR RI: AKSES INTERNET JADI MASALAH UTAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

RDPU KOMISI X DPR RI: AKSES INTERNET JADI MASALAH UTAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

RDPU KOMISI X DPR RI: AKSES INTERNET JADI MASALAH UTAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Komisi X DPR RI, Kamis (21/1/2021) menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di gedung DPR MPR RI Senayan, Jakarta. Pembahasannya seputar hasil penelitian pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

RDPU ini dihadiri Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud RI, Pimpinan Litbang Kompas, Pimpinan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Pimpinan Arus Survei Indonesia (ASI), Ketua KPAI, dan Ketua PP Himpaudi.

Manager Kebijakan Publik SMRC, Tati D. Wardi menjelaskan, berdasarakan data survei nasional pada Agustus dan Desember 2020, terdapat 24 persen responden yang tidak memiliki akses internet, jumlah yang cukup besar. Kegiatan PJJ terasa berat bagi masyarakat, terutama pada sisi akses dan biaya pulsa internet selama pandemi. Selain itu, faktor ekonomi dan sosial dari orang tua siswa atau pelajar, menjadi faktor penting yang memengaruhi proses PJJ. Maka penting bagi pemerintah melalui Kemendikbud serta stakeholders terkait untuk memperhatikan persoalan ini.

Hal yang sama diungkapkan Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an. Menurutnya, permasalahan atau kendala utama dalam proses PJJ adalah akses internet yang tidak merata. Persoalan tersebut harus menjadi perhatian dan segera diatasi. Dibutuhkan adanya sinergi antara pemerintah dan swasta.(frs)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B