RENGGINANG, CAMILAN PALING BANYAK DISERBU SAAT LEBARAN

RENGGINANG, CAMILAN PALING BANYAK DISERBU SAAT LEBARAN

RENGGINANG, CAMILAN PALING BANYAK DISERBU SAAT LEBARAN

Salah satu jajanan khas Lebaran warga Jember yang banyak diburu adalah Rengginang. Cemilan berbahan dasar beras ketan dengan campuran berbagai macam rempah-rempah ini, eksistensinya tidak pernah pudar.

Tak menyangka makanan yang terbuat dari beras ketan ini berasal dari Jawa Barat. Bahkan kata "Rengginang" ini merupakan singkatan dari bahasa Sunda "nyiar ragi teu menang" yang artinya "mencari ragi tapi tak dapat-dapat".

Karena bunyinya seperti itu maka makanan itu disebut dengan Rengginang seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Lilik Susiani, warga Green Garden Kaliurang, Jember, pada Senin (24/4/23) bercerita, dirinya tidak pernah absen membuat Rengginang setiap lebaran.

Ia mengaku rutin membuat jajanan ini sejak tahun 2010 silam. Awalnya hanya membuat untuk hidangan di rumahnya sendiri dan dibagikan ke para tetangganya.

Tidak disangka, hal tersebut membawa berkah karena para tetangganya sangat suka sampai - sampai menyarankannya untuk menjual rengginang buatannya itu.

Disamping itu, Dini Anisa salah satu tetangganya yang sering membeli Rengginang tersebut mengatakan, alasaannya selalu membeli rengginang karena rasanya yang khas dibandingkan makanan lainnya. Ditambah Rengginang yang dijual Lilik memiliki banyak rasa seperti oroginal, balado, jagung bakar, keju, dan lain - lain.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B